"Sepeda Motor Tanpa Suara" Ini Siap Dijual di Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif — Zero Motorcycles melalui PT Garansindo Technologies mempunyai "senjata" untuk menarik minat konsumen Indonesia mulai 2015. Dari delapan model sepeda motor listrik yang akan dipasarkan, satu di antaranya mempunyai tenaga paling besar, siap menantang para jawara street fighter bermesin bensin.

Model tersebut adalah Zero SR FX12.5 2015, dijuluki sebagai "The Silent Fighter" atau "The Silent Killer" (petarung atau pembunuh tanpa suara). Disebut demikian ialah karena akselerasinya yang supercepat tanpa mengeluarkan suara (elektrik). Basisnya sama, menggunakan komponen Zero S (Street), tetapi mendapat berbagai penyempurnaan melalui tiga hal penting.

Pertama, suspensi depan-belakang menggunakan merek Showa yang bisa disetel kekerasan ayunannya serta tingkat pantulan (rebound) untuk menemukan kestabilan yang diinginkan. Suspensi ini kemudian didukung dengan sistem pengereman ABS sebagai perubahan penting kedua.

Ketiga, penggunaan baterai dari versi sebelumnya, 11.4 KWh, kini menggunakan 12.5 KWh. Artinya, baterai semakin tahan lama. Untuk penggunaan di dalam kota, bisa menempuh jarak hingga 243 km. Versi 11.4 "hanya" mampu menempuh 220 km.

Pengisian ulang baterai dalam keadaan kosong sampai penuh memakan waktu 8 jam lebih, sementara jika pakai charger khusus hanya memakan waktu 2 jam lebih.
Zero MotorcyclesLebih kencang dan bertenaga, siap menantang petarung jalanan bermesin bensin.
Kencang"Sepeda motor ini memang didesain untuk rider yang menyukai kecepatan. Pengendara yang suka akselerasi "keras" mungkin akan terkejut dengan tarikannya," kata Dhani M Yahya, Managing Director Garansindo Tehcnologies, kepada KompasOtomotif, Kamis (18/12/2014).

Tenaga pendorong didapat dari motor listrik yang ditopang baterai lithium-ion. Tenaga yang dihasilkan mencapai 67 tk dan torsi maksimum mencapai 144 Nm. Dengan kombinasi itu, akselerasi dari 0-100 kpj hanya ditempuh dalam waktu 3,3 detik!

"Kemampuan itu setara dengan mesin-mesin canggih macam Triumph Daytona 675 atau Ducati Diavel yang juga punya kemampuan akselerasi yang sebanding. Catatan waktunya mirip," imbuh Dhani.

Garansindo Technologies siap menjual sepeda motor ini dengan banderol Rp 290 juta off the road.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar