Kia Indonesia Jalani Tes Kelaikan Carens Diesel

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah resmi meluncurkan Morning, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) masih memiliki model baru lain yang tengah disiapkan. Produk itu merupakan varian mesin diesel dari Carens.

Rencana agen tunggal pemegang merek (ATPM) menambah varian diesel MPV 5+2 penumpang ini, sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu. Kini, proses pengujian tengah dilakukan untuk memastikan produk ini cocok dan sesuai dengan pasar domestik Indonesia.

"Saat ini proses pengujian, tes jalan sedang dilakukan. Khusus untuk model diesel, minimal kami tempuh lebih dari 100.000 km dulu. Kalau sudah yakin, tidak ada masalah, baru bisa dijual," jelas Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI di Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2014).

Selama tes jalan dilakukan, Carens Diesel dibiarkan mengonsumsi solar yang ada di SPBU. Area pengetesan tekonsentrasi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. "Setiap hari, minimal jalan sekitar 300 km dan di tes nonstop. Supir boleh ganti, tapi mobil jalan terus sampai lebih dari 100.000 km," beber Hartanto.

Dari pendaftaran di Kementerian Perindustrian, Kia tengah menguuji Carens berbekal mesin 1.7 liter CRDi, dipadu transmisi otomatis 6-percepatan, bertenaga 136 PS. Jika jadi dipasarkan, varian berkode LX ini akan menjadi varian tertinggi dengan banderol di atas model yang sudah ada.

Ketika ditanya kapan New Carens diesel ini akan dipasarkan, Hartanto belum mau membeberkan rencananya. "Kami mau memasarkan, kapannya masih belum bisa dipastikan. Kalau sudah ada informasi baru akan kami sampaikan," tutup Hartanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar