Cara EcoSport Membuai Wanita Indonesia

Bukittinggi, KompasOtomotif - Emansipasi wanita membuat kesetaraan gender berlaku di Bumi Pertiwi. Tapi, setiap jenis kelamin tentu punya karakteristiknya masing-masing, dan hal ini yang coba dimanfaatkan Ford dalam menawarkan EcoSport, yang dibekali paket kemudahan berkendara bagi wanita Indonesia.

Bicara pengemudi wanita yang semakin banyak jumlahnya di Indonesia, praktis membutuhkan pilihan jenis kendaraan yang tepat. Secara general, kaum Kartini membutuhkan kendaraan yang kompak, irit, tangguh, nyaman, mudah dikendarai, dan mengerti kebutuhan wanita. 

"Kelebihan EcoSport ini salah satunya adalah kelengkapan fitur-fitur canggih yang bisa sangat mengerti kebutuhan wanita Indonesia," jelas Bagus Susanto, Direktur Pelaksana PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (7/5/2014).

Kemudahan
Salah satu keunggulan yang ditawarkan EcoSport adalah kelengkapan fitur yang diciptakan untuk kemudahan pengemudi. Beberapa kelengkapan ini bahkan diakui sangat cocok dengan karakteritik pengemudi wanita. Pertama, Smart Keyless Entry dan tombol Power Start.
"Biasanya wanita menyimpan kunci mobil itu di dalam tas berbeda dengan pria yang biasanya di kantong celana. Dengan fitur ini para wanita bisa dengan mudah masuk ke mobil, tanpa harus ribet mencari kunci di dalam tas. Apalagi ketika ia lagi bawa barang banyak," jelas Bagus. Menghidupkan mesin juga tinggal mengija pedal rem dan tekan tombol Power Start dan langsung berkendara. Tak perlu repot-repot cari luba kunci yang biasanya dilakukan.

Dilanjutkan Bagus, pengemudi wanita juga biasanya selalu berkendara ditemani lantunan musik kesukaannya. Dengan kelengkapan teknologi SYNC dari Mircosoft, mereka tidak perlu repot-repot memutar CD, cukup mengoneksikan (pairing) ponsel pintar tanpa kabel, via Bluetooth, sehingga langsung bisa memutar koleksi lagu yang sudah tersimpan. Fitur ini bahkan bisa mengoneksikan panggilan telepon ke sistem audio mobil atau sekedar membacakan SMS.

Tempat Penyimpanan
Biasanya, wanita juga punya segudang barang-barang pribadi yang menemaninya selama berkendara. Nah, kelebihan lain EcoSport adalah total 21 ruang penyimpanan yang ada di dalam kabin. Mulai dari Glove Box di dasbor yang bisa menampung 6 kaleng minuman. Ruang ini juga punya lubang khusus, yang bisa dibuka/tutup, untuk menyalurkan penyejuk ruangan (AC) ke dalamnya, jadi seperti kulkas mini pribadi.
Tampil tetap cantik dan penuh gaya jadi harga mati bagi pengemudi wanita. Di bagian atas, ada sun visor yang dilengkapi dengan kaca untuk membantu proses "make-up" dan sabuk untuk menyimpan tiket parkir atau kartu tol. Di bagian tengah, penyandang kacamata bisa menyimpan koleksi andalan penunjang penampilan.

Konsol tengah dengan dua dudukan gelas bisa menampung gelas kopi "cantik" atau botol air mineral. Di baliknya, ada colokan dengan daya 12 volt untuk mengisi baterai telepon seluler, input aux, dan lubang USB untuk menghubungkan pemutar MP3. Bagi pengguna laptop atau tablet, ada laci penyimpan di bawah kursi penumpang depan yang bisa digunakan sehingga tidak terlihat dari jendela luar. Ruang ini bisa mengurangi tindak kejahatan pada mobil yang lagi di parkir. 

Ruang penyimpanan juga ada di sisi pintu depan dan samping yang muat menampung botol berukuran 600 ml.

Sensor Parkir
Salah satu teror bagi pengemudi wanita adalah kewajiban untuk parkir di kantor atau tempat umum. Apalagi kalau yang tersedia cuma parkir gaya pararel, tentu tidak sedikit wanita yang dibuat "panas-dingin" karenanya. Permasalahan ini, juga sudah ada solusinya di Ecosport, yaitu dengan empat sensor parkir ultrasonik di bagian belakang kendaraan. 

"Jadi pengemudi bisa memantau layar display untuk melihat seberapa besar ruang tersisa di belakang sehingga lebih nyaman dan yakin saat mundur," tambah Gumgum Prijadi, Direktur Pemasaran FMI.
Selain itu, kelengkapan lain yang sangat berguna bagi wanita, yakni Hill Assist, ketika harus melalui medan menanjak atau turunan terjal, bisa di parkiran gedung atau daerah pegunungan. Anda tidak perlu khawatir saat harus berhenti di tanjakkan atau turunan karena fitur ini mencegah kendaraan tergelincir ke belakang atau ke depan selama tiga detik. Waktu ini cukup untuk memindahkan kaki kanan dari rem ke pedal gas.

"Dengan segudang kelengapan ini, kami yakin EcoSport sangat mengerti kebutuhan wanita khususnya pengemudi mobil. Apalagi dengan posturnya yang tinggi tetapi tetap kompak, mobil ini cocok untuk perkotaan yang banyak jalan berlubang atau genangan air," tutup Bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar